Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar beberapa kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya

Daftar beberapa kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya

Berikut adalah daftar beberapa kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya:

1. Jakarta: Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta adalah kota terbesar di negara ini dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Kota ini juga merupakan pusat pemerintahan, keuangan, bisnis, industri, dan budaya.

Sumber data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh Talenta Data Indonesia (TDI). Berdasarkan hasil analisa kami, jumlah populasi penduduk Provinsi DKI Jakarta 2023 diproyeksikan sebanyak 10.679.951 jiwa.


2. Surabaya: Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya adalah pusat ekonomi di Jawa Timur. Kota ini memiliki pelabuhan yang penting, pusat industri, perdagangan, dan berbagai kegiatan budaya.

Surabaya memiliki luas sekitar ±335,28 km², dan 3.000.076 jiwa penduduk pada pertengahan tahun 2023. Daerah megalopolitan Surabaya yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, adalah kawasan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.


3. Bandung: Merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, Bandung terletak di Jawa Barat. Kota ini dikenal dengan udaranya yang sejuk, pusat pendidikan yang berkembang pesat, serta sebagai pusat mode, industri, dan pariwisata.

Perkembangan persentase penduduk miskin dalam 10 tahun di kota Bandung dalam tren turun, bergerak dari kemiskinan sebesar 10,62 persen menuju ke 3,96 persen. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), total penduduk yang dicatatkan pada 2023 lalu di kota ini berjumlah 2,56 juta jiwa.


4. Medan: Terletak di Sumatera Utara, Medan adalah kota terbesar keempat di Indonesia. Kota ini merupakan pusat perdagangan, bisnis, dan memiliki kekayaan budaya yang khas.

Berdasarkan data dari data Dashboard Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per-1 Maret 2023, capaian UHC Kota Medan sebesar 2.434.358 jiwa atau 96,33 persen dari total jumlah penduduk Kota Medan sebesar 2.527.050 jiwa.


5. Semarang: Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Kota ini adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Kota ini memiliki pelabuhan penting, berbagai situs sejarah, serta pusat ekonomi dan perdagangan di wilayah tengah Jawa,

Kota Semarang memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.693.035 jiwa, pada pertengahan tahun 2023.


6. Bekasi: Kota Bekasi adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat, Indonesia, yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta. Nama Bekasi berasal dari kata Bagasasi yang artinya sama dengan Candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Pada pertengahan tahun 2023.

Jumlah penduduk kota Bekasi berjumlah 2.496.198 jiwa.


7. Depok: Kota Depok adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Depok merupakan bagian dari kawasan metropolitan Jabodetabekpunjur dan berada di bagian selatan Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kota Depok dibentuk dari wilayah Kota Administratif Depok dengan penambahan wilayah dari Kecamatan Limo, Kecamatan Cimanggis, dan Kecamatan Sawangan, serta sebagian desa dari Kecamatan Bojonggede yang digabungkan dengan Kecamatan Pancoran Mas. Tanggal peresmian Kota Depok ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Depok. 

Jumlah penduduk kota Depok berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada pertengahan tahun 2023 sebanyak 1.927.867 jiwa.


8. Tangerang: Kota Tangerang adalah kota yang terletak di provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat DKI Jakarta. Suku aslinya adalah Suku Sunda. Pada tahun 2021, 

Jumlah penduduk kota Tangerang sebanyak 1.853.462 dengan kepadatan 12.041 jiwa/km2.


9. Palembang: Terletak di Sumatera Selatan, Palembang adalah kota terbesar ketujuh di Indonesia. Kota ini memiliki sejarah panjang, menjadi pusat ekonomi, budaya, dan memiliki potensi pariwisata yang menarik.

Sumber data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh Talenta Data Indonesia (TDI). Berdasarkan hasil analisa kami, jumlah populasi penduduk Kota Palembang 2023 diproyeksikan sebanyak 1.707.996 jiwa.


10. Makassar: Terletak di Sulawesi Selatan, Makassar adalah kota terbesar keenam di Indonesia. Kota ini memiliki pelabuhan penting, menjadi pusat perdagangan, bisnis, industri, dan memiliki potensi pariwisata yang besar.

Sumber data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh Talenta Data Indonesia (TDI). Berdasarkan hasil analisa kami, jumlah populasi penduduk Kota Makassar 2023 diproyeksikan sebanyak 1.432.200 jiwa.


Kota-kota ini memegang peran penting dalam perkembangan ekonomi, budaya, dan sosial di Indonesia. Jumlah penduduk yang besar menandakan kegiatan ekonomi yang aktif serta beragamnya kesempatan dalam berbagai sektor di setiap kota tersebut.

1 comment for "Daftar beberapa kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya"

  1. Daftar beberapa kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya

    ReplyDelete